Kepala Sekolah

SUKARNO, M.PFis – Kepala SMA Negeri 1 Sulang

Sukarno, M.PFis., Lahir di Pati pada tahun 1970 tepatnya pada tanggal 8 Januari 1970. Perjalanan pendidikan beliau dimulai dari sekolah dasar yaitu SD Mintobasuki 01 Pati dan termasuk sosok peserta yang sangat kecil dari segi usia. Kemudian melanjutkan di jenjang SMP tepatnya di SMP PGRI 01 Pati. Dan pada tahun 1986 beliau melanjutkan pendidikan di SMA Nasional Pati dan beliau lulus pada tahun 1989. Pada tahun 1989 beliau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di IKIP Semarang di jurusan Pendidikan Fisika dan lulus pada tahun 1994. Ada perjalanan lika-liku yang beliau alami selama pendidikan di IKIP Semarang mulai dari keanggotaan organisasi maupun menjadi ketua di organisasi kampus dan malang melintang sampai keluar kampus. Bahkan pada akhir semester beliau sudah bekerja di les privat lingkungan Semarang. Beliau juga sebagai lulusan tercepat di Pendidikan Fisika pada tahun 1994.

Pada tahun 1994 bulan April lulus kuliah dan pada bulan September 1994 beliau lolos tes penerimaan PNS dan ditempatkan di MAN Rembang. Selama perjalanan di MAN Rembang sudah banyak kegiatan mulai awal menjadi guru, wali kelas, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan Alhamdulillah pada tahun 2006 mendapat kesempatan mengikuti beasiswa di ITB dan lolos. Sebenarnya ini bukan beasiswa yang pertama yaitu pada tahun 1997 sudah pernah mendapatkan beasiswa tetapi karena belum ada jaringan atau komunikasi yang baik sehingga mau melanjutkan sudah terlambat di suratnya. Sebelum itu pada tahun 1994 juga pernah lolos mengikuti seleksi calon tenaga akademik baru atau menjadi dosen baru di Kementrian Dikti. Tetapi karena beasiswa dialihkan ke S3 mau tidak mau harus pulang kampung menjadi guru.  Ditengah perjalanan pulang dari Semarang ke Rembang beliau bimbang dan mampir ke SMA Nasional Pati dan sekaligus diminta untuk membantu mengajar padahal beliau masih ada tanggungan les privat di Semarang, jadi pembagian waktunya adalah pagi mengajar di SMA Nasional Pati dan sore di les privat Semarang dan hanya berlangsung cuma beberapa bulan.

Di tahun 2006 setelah masuk di ITB dan lulus pada tahun 2008 Alhamdulillah beliau masuk peringkat ke-7 dan lulus peringkat ke-3 dengan 3 semester dengan nilai sempurna. Kemudian pulang menjadi dilema apakah melanjutkan di MAN Rembang atau kembali ke dinas, karena ternyata di MAN Rembang posisi guru Fisika sudah diisi oleh orang lain. Dari kebimbingan tersebut setelah melihat SK ternyata beliau sudah dipindah di SMA Negeri 1 Rembang, dan kebetulan di SMA Negeri 1 Rembang ada program RSBI yaitu mencari guru-guru yang berpendidikan minimal S2. Penempatan di SMA Negeri 1 Rembang mulai dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2017. Di sela-sela itu banyak prestasi yang beliau ukir bersama siswa-siswi SMA Negeri 1 Rembang mulai dari Olimpiade maupun lomba-lomba Fisika di tingkat Provinsi maupun Nasional, baik itu di UNDIP, UNS, UNNES, ITS maupun di ITB dan sudah meraih juara. Selain itu beliau juga memperoleh prestasi secara individu yaitu dua kali menjadi juara Olimpiade tingkat Kabupaten, tiga kali menjadi juara Guru Berprestasi tingkat Kabupaten dan satu kali menjadi juara Guru Berprestasi tingkat Provinsi.

Pada tahun 2014 ada penjaringan Kapala Sekolah kemudian beliau ikut seleksi dan Alhamdulillah lolos dan karena ada proses yang perpindahan alih fungsi dari Kabupaten ke Provinsi baru beliau diangkat pada tanggal 29 Desember 2017 menjadi Kepala SMA Negeri 1 Pamotan selama 18 bulan. Dan secara tiba-tiba di pindah ke SMA Negeri 3 Rembang per tanggal 2 September 2019. Di SMA Negeri 3 Rembang beliau juga tidak lama karena tanggal 5 Juli 2021 beliau dipindah lagi menjadi Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III yang meliputi Kudus, Pati dan Rembang. Perjalanan proses menjadi Kasi SMK ini beliau penuh dengan liku-liku karena beliau dilahirkan jenjang SMA tetapi beliau juga harus mengcover jenjang SMK, tetapi Alhamdulillah tidak ada kendala dalam menjalankan tugas. Beliau menjadi Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III selama 1 tahun 1 minggu, dan pada tanggal 12 Juli 2022 diangkat kembali menjadi Kepala Sekolah yaitu Kepala SMA Negeri 1 Sulang.

Motto beliau adalah : “Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas”

 

Tim Digital

SMA Negeri 1 Sulang