Kepala SMA Negeri 1 Sulang Sukarno, M.PFis. membuka kegiatan Workshop Komunitas Belajar MGMP pada Rabu, 1 Februari 2023 di laboratorium kimia. Pada sambutan pembukaan kegiatan tersebut kepala sekolah menekankan pentingnya kolaborasi untuk memajukan sekolah, salah satunya membentuk komunitas belajar melalui workshop atau kegiatan lain yang serupa. Guru berbagi menjadi hal yang penting dilakukan untuk meningkatkan kompetensinya sebagai seorang pendidik.
Sementara itu Drs. Sumaryo, M.Pd., pengawas SMA Cabang Dinas Wilayah 3 Jawa Tengah dalam penjelasannya di acara inti workshop komunitas belajar MGMP, menyampaikan tentang dimensi profil pelajar Pancasila antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif. Keenam dimensi ini perlu dilihat sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Bapak pengawas juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) hendaknya dilakukan dengan cara bertahap. Semua tahapan P5 dilaksanakan dengan pola pikir bahwa di setiap tahapan P5 ada proses perbaikan untuk mencapai hasil yang terbaik.
Ibu Bapak Petani pendidikan SMAN 1 Sulang Rembang yang udiman,
Salut, apresiasi mendalam atas kontribusi di dalam mewuudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Juga apresiasimendalam atas agenda lokakarya IKM yang kontekstual ini.
ImplementasiP5 merupakan salah satu aktualisasi IKM dalam membentuk dan membangun karakter murid. Kegiatan ini sangat mengasikkan, menantang dan berpotensi tinggi untukmewujudkanterbentuknya profil Pelajar Pancasila.
Ada hal yang perlu dicermati di dalam proses implementasi P5, antara lain:
1. Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai asesmen projek penguatan Profil Pelajar Pancasila
Memiliki variasi bentuk asesmen (formatif dan sumatif) serta instrumen asesmen (lembar ceklis, rubrik, catatan pengamatan, tes, dan sebagainya).
Penekanan pada asesmen performa/kinerja.
Perlu diperhatikan keselarasan antara tujuan, aktivitas, dan asesmen projek.
Pelaporan akhir di jenjang PAUD berupa deskripsi kemunculan kompetensi tujuan.
Pelaporan akhir di jenjang Dasmen berupa rubrik dengan 4 kriteria (Mulai Berkembang, Sedang Berkembang, Berkembang sesuai Harapan, Sangat Berkembang) dilengkapi dengan deskripsi pencapaian.
2. Miskonsepsi terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Tujuan pembelajarannya dirumuskan secara mandiri dengan hanya menyasar pada level dimensi karakter profil pelajar Pancasila.
Kegiatan integrasi dari berbagai mata pelajaran.
Wajib menghasilkan sebuah produk dalam bentuk barang untuk dipamerkan dalam galeri karya.
Asesmen projek menyasar tema dan produk, bukan pada kompetensi sasaran.
Untuk lebih mendalami dan meningkatkan kompetensi di dalam mengimplementasikan P5, sila Ibu Bapak mencermati serta mengkaji substansi linkberikut sebagai referensi:
Panduan-Penguatan-Projek-Profil-PancasilaTERBARU 2022
https://drive.google.com/file/d/1D7XnzXoJrwr25KKvsP2cAx0qk7kDZiVc/view?usp=sharing
Merancang P5 https://drive.google.com/file/d/1uNgpBfcBNgMi8QAbu4q3cqneYtIf3rCY/view?usp=sharing
Mengelola dan mengevaluasi P5 https://drive.google.com/file/d/1py_WX-eS2gjx8hLAnrE45PXP–kdNwBn/view?usp=sharing
DIMENSI, ELEMEN, DAN SUBELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA https://drive.google.com/file/d/1sQ36RKaUrwUXFTciUMGOgvz6o0Z_37q7/view?usp=share_link
Salam tergerak, bergerak, dan menggerkkan.
Terima kasih atas ilmunya pak Maryo
Terimakasih Pak Maryo.
Tetap semangat, terus berubah, berbagi dan berkolaborasi
Sangat bermanfaat
Guru adalah penggerak perubahan, good untuk keluarga besar SMA N 1 Sulang yang sudah memberikan dukungan bahkan bisa menginspirasi “dunia pendidikan”.
Terima kasih atas ilmunya pak Maryo
Tetap semangat
#Kerja keras
#Kerja cerdas
#Kerja ikhlas
Sangat bermanfaat
Terimakasih pak Maryo
Terus semangat belajar
P5 proses menuju aktualisasi siswa dan guru
Tetap semangat